Contoh RPP BAHASA INGGRIS EXPRESSION PAIN, RELIEF, AND PLEASURE


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                  :     SMA N 1 Bandongan
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Topik Pembelajaran         :     Expressing Pain, Relief, and Pleasure
A.     Standar Kompetensi
         Mendegarkan 
         1.            Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
                                 Berbicara
                                 3.            Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
1.2          Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
3.2          Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dngan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
C.     Indikator
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
§  Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
§  Mempraktekkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat :
1.             Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
2.             Mengungkapkan makna tindak tutur yang menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
3.             Mempraktekkan tindak tutur yang menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
E.      Materi Pokok
The following are expressions to express pain,
·          Ouch!/Aw!/Oh!                                   
·             Ouch, it hurts.
·             It hurts me so much.
·             It’s very painful. I can’t stand it
·             The pain hurt me very much.
·             My back pains me.
·             I feel terrible.
·             I’m not feeling well.
·             I can no longer stand it.
·             I’m really sick.
The following are expression to express relief,
·           What a relief!
·           That’s a relief!
·           Thank God for that!
·           Thank goodness!
·           Thank heavens!
·           I feel so relieved.

The following are expression to express pleasure,
·           I am delighted.
·           It is very delighted.
·           It is a great pleasure.
·           I am happy (for)
·           I am very enjoyed.
·           It’s worderful.
·           How marvelous!
·           Great!
·           Fantastic!
F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
         Three Pass Technique
-         Tanya jawab
-         Diskusi
-         penugasan
G.     Strategi Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
·        Mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·        Mengecek kehadiran peserta didik (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·        Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·        Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan tujuan yang hendak diajarkan terkait dengan SK/KD kepada peserta didik.
·        Guru menjelaskan secara singkat kegiatan pembelajaran kepada peserta didik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·        Memberikan stimulus berupa pemberian materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Mendiskusikan materi bersama peserta didik (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan sakit, lega, senang)
·        Guru menggunakan pendekatan dan media pembelajaran untuk menjelaskan materi mengungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru melibatkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·        Guru menjelaskan materi tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru memberikan contoh dialog tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru membacakan contoh dialog kepada peserta didik dan menyuruh peserta didik. mendengarkan dengan seksama.
·        Guru meminta peserta didik membaca dialog ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik untuk mengungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru memberikan contoh Listening tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
·        Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Kegiatan Akhir
·        Peserta didik dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
·        Buku teks yang relevan : LKS Kreatif SMA kelas XI semester 1
·        Internet
·        Proyektor
I. Penilaian
No.
Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure

Tes listening
Mengidentifikasi ungkapan sakit, lega, dan senang

Listen the expression carefully, then identify the expression into pain, relief, and pleasure!


II.                 Instrumen Penilaian
       Guru memberikan ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang berbentuk listening kepada peserta didik, kemudian peserta didik mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Soal listening :
1.      Oh! Be careful, you pushed me.
2.      Thanks God! I have done my exam.
3.      I got much money. I’m very happy.
4.      Ouch! My hands is broken.
5.      I feel so relieved. Finally I got 85.
6.      What a relief! I still have money in my pocket.
7.      I’m so delighted. I can go to vacation.
8.      My leg is strained. It hurts me so much.
9.      I feel dizzy. I’m really sick.
10.  My mother bought me a new motorcycle. It is a gread pleasure!
III.  Pedoman Penilaian    
Untuk soal listening, betul skor 1, salah skor 0.

Kunjungi Toko Online kami di @mielidi158 cemilan legendaris


Contoh RPP Report kelas XI SMA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                 :     SMA N 1 Bandongan
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Topik Pembelajaran       :     Report

A.     Standar Kompetensi
         Membaca
5.               Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
         Menulis
6.               Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
5.2.            Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition. 
6.2.            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition. 

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon wacana monolog report
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
  • Menjawab pertanyaa-pertanyaan berbentuk esei

D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi wacana berbentuk report text
2. Peserta didik mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bacaan yang tersedia

E.     Materi Pokok
Report
Social Function:
To describe the way things are, with reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our environment
                                                 
Generic (Schematic) Structure:
 1. General Classification: tells what the phenomenon under discussion is
 2. Description : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of
            parts (and their function)
qualities
            habits/behaviour or ‘uses’ if non-natural

Significant Lexicogrammatical Features:
 Focus on Generic Participants (group of things)
 Use of simple present tense
 No temporal sequence
 Use of Relational Processes to state what is and that which it is
 Use of linking verbs and behavioural verb
 Use of technical term

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
         Three Pass Technique

G.     Strategi Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran peserta didik (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengulas materi yang diberikan sebelumnya kepada peserta didik.
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi Esei berbentuk Report.
§  Mendiskusikan materi bersama peserta didik (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Esei berbentuk Report.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Guru menjelaskan materi report kepada peserta didik.
§  Guru membacakan teks monolok berbentuk report yang ada di lembar kerja peserta didik dan meminta peserta didik menyimak.
§  Guru meminta peserta didik  membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang.
§  Guru meminta peserta didik membaca teks report secara berkelompok (1 anak membaca dan 1 anak menerjemahkan) didepan kelas.
§  Guru meminta peserta didik mengidentifikasi teks report yang telah dibaca pada lembar kerja peserta didik.
§  Guru memberikan tugas kelompok berbentuk teks report kepada masing-masing kelompok.
§  Guru meminta peserta didik mengidentifikasi teks monolog berbentuk report.
§  Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan teks secara berkelompok..
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Esei berbentuk Report.
Kegiatan Akhir
§  Peserta didik dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi Esei berbentuk Report.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
§  Buku teks yang relevan : LKS Kreatif SMA kelas XI
§  Internet
§  Buku BSE SMA Kelas 1

I. Penilaian
II.                 Instrumen Penilaian

Kangaroo

A kangaroo is an animal found only in Australia, although it has a smaller relative, called a wallaby, which lives on the Australian island of Tasmania and also in New Guinea.
Kangaroos eat grass and plants. They have short front legs, but very long, and very strong back legs and a tail. These are used for sitting up and for jumping. Kangaroos have been known to make forward jumps of over eight metres, and leap across fences more than three metres high. They can also run at speeds of over 45 kilometres per hour.
The largest kangaroos are the Great Grey Kangaroo and the Red Kangaroo. Adults grow to a length of 1.60 metres and weigh over 90 kilos.
Kangaroos are marsupials. This means that the female kangaroo has an external pouch on the front of her body. A baby kangaroo is very tiny when it is born, and it crawls at once into this pouch where it spends its first five months of life.

1.      Are kangaroos and wallabies indigenous animals of Australia?
2.      What does the word "these" in paragraph 2 refer to?
3.      What do people call the largest kangaroos?
4.      Where do you find the pouch of the female kangaroo?
5.      What does the word "it" in sentence ... it crawls at once ... refer to?
6.      Can you find the sentence considered the definition of a kangaroo? State it.
7.      Which sentences tell you about the description of the kangaroo's appearance?

III.  Pedoman Penilaian    

Untuk Task 1, soal esei betul skor 1, salah skor 0.
Mengidentifikasi generic structure Nilai maximal 3.

Kunjungi Toko Online kami di getuk 158 kaliwungu
serta dapatkan berbagai promo dan diskon

Coba

Total Tayangan Halaman

Followers

Review http://moeday-ku.blogspot.com on alexa.com