Cara Tradisional Mengobati Bintitan


Hello Guys, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai Cara Mengobati Mata Bintitan/Timbilan. Agar kalian bisa antisipasi dan terhindar dari penyakit ini. Seminggu yang lalu sebelum saya posting artikel ini saya terkena bintitan. Ya walaupun kecil tapi rasanya sangat sakit sekali. Namun itu hanya saya rasakan 2 hari saja. Karena saya langsung mengobatinya. Dan berikut ini saya akan menjelaskan apa itu bintitan dan bagaimana cara mengobati Bintitan dengan obat tradisional.


Bintitan/Timbilan

atau dalam istilah kedokterannya disebut hordeolum bukanlah disebabkan karena kebiasaan mengintip seperti yang sering disebut-sebut dalam mitos. Benjolan kecil pada pinggir kelopak mata ini kerap disertai rasa gatal dan nyeri, yang kemudian dapat bertambah besar layaknya bisul. Penyebabnya adalah peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas maupun bawah dimana terdapat produksi cairan yang berguna untuk fungsi air mata dan keringat. Apabila muara kelenjar itu tersumbat oleh kotoran seperti debu, make-up, dan lainnya; maka timbulah bintitan. Peradangan ini bisa terjadi tanpa atau dengan adanya infeksi bakteri. Bintitan ini sebenarnya bisa menular melalui kontak langsung dan tidak langsung.

Ada penyebab lain juga seperti kebiasaan seperti mengucek mata saat tangan kotor adalah kebiasaan kurang baik yang harus dihindari, karena kuman yang berada di telapak tangan akan masuk ke dalam mata dan dapat memicu terjadinya bintitan. Daerah kelopak mata juga harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu dan minyak menumpuk. Bagi pemakai lensa kontak, ada baiknya menghentikan pemakaian sementara sampai kondisi membaik

Gejala bintitan pada mata umumnya berupa:


1. Rasa gatal disertai sedikit nyeri pada pinggir kelopak mata di tempat bulu mata tumbuh.
2. Inflamasi kecil yang kemudian bertambah besar seperti bisul yang kerap kali pecah sendiri.
3. Rasa nyut-nyutan pada mata ketika menundukan kepala.

Berikut Cara mengobati bintitan Secara Traditional:

1. Kompres mata dengan handuk hangat kira-kira 15 menit.
2. Teteskan dengan obat mata seperti insto, visine dll menjelang tidur.
3. Obat tradisionalnya dengan daun sirih.

Daun sirih mengandung antibiotik di semua bagiannya. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah membuat obat tradisional dari daun sirih:

1. Pilih beberapa lembar daun sirih, lalu cuci daun sirih tersebut hingga bersih
2. Rebuslah daun sirih tersebut atau hanya di tuang air panas ke dalam mangkok lalu diremas-remas. Tunggu daun sirih Anda sampai berwarna kecoklatan
3. Diamkan sampai daun sirih ini benar-benar dingin.
4. Setelah daun sirih tersebut benar-benar dingin, kemudian saringlah daun tersebut dengan menggunakan saringan atau kain bersih lainnya.
5. Pakailah air saringan dari air daun sirih tersebut untuk mencuci /merimbang mata Anda yang sakit. 

Note : Usahakan dilakukan 3 kali sehari agar sakit mata yang Anda derita dapat segera sembuh.  Daun sirih ini juga sangat efektif untuk mengatasi mata yang berair, gatal, dan perih.

Sekian postingan dari saya tentang Cara Tradisional Mengobati Bintitan, semoga bermanfaat dan lekas sembuh. :)


Kunjungi Toko Online kami di @mielidi158 cemilan legendaris




0 komentar:

Posting Komentar

Coba

Total Tayangan Halaman

Followers

Review http://moeday-ku.blogspot.com on alexa.com