Contoh RPP BAHASA INGGRIS EXPRESSION PAIN, RELIEF, AND PLEASURE


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                  :     SMA N 1 Bandongan
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Topik Pembelajaran         :     Expressing Pain, Relief, and Pleasure
A.     Standar Kompetensi
         Mendegarkan 
         1.            Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
                                 Berbicara
                                 3.            Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
1.2          Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
3.2          Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dngan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
C.     Indikator
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
§  Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
§  Mempraktekkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat :
1.             Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
2.             Mengungkapkan makna tindak tutur yang menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
3.             Mempraktekkan tindak tutur yang menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
E.      Materi Pokok
The following are expressions to express pain,
·          Ouch!/Aw!/Oh!                                   
·             Ouch, it hurts.
·             It hurts me so much.
·             It’s very painful. I can’t stand it
·             The pain hurt me very much.
·             My back pains me.
·             I feel terrible.
·             I’m not feeling well.
·             I can no longer stand it.
·             I’m really sick.
The following are expression to express relief,
·           What a relief!
·           That’s a relief!
·           Thank God for that!
·           Thank goodness!
·           Thank heavens!
·           I feel so relieved.

The following are expression to express pleasure,
·           I am delighted.
·           It is very delighted.
·           It is a great pleasure.
·           I am happy (for)
·           I am very enjoyed.
·           It’s worderful.
·           How marvelous!
·           Great!
·           Fantastic!
F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
         Three Pass Technique
-         Tanya jawab
-         Diskusi
-         penugasan
G.     Strategi Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
·        Mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·        Mengecek kehadiran peserta didik (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·        Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·        Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan tujuan yang hendak diajarkan terkait dengan SK/KD kepada peserta didik.
·        Guru menjelaskan secara singkat kegiatan pembelajaran kepada peserta didik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·        Memberikan stimulus berupa pemberian materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Mendiskusikan materi bersama peserta didik (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan sakit, lega, senang)
·        Guru menggunakan pendekatan dan media pembelajaran untuk menjelaskan materi mengungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru melibatkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·        Guru menjelaskan materi tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru memberikan contoh dialog tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru membacakan contoh dialog kepada peserta didik dan menyuruh peserta didik. mendengarkan dengan seksama.
·        Guru meminta peserta didik membaca dialog ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik untuk mengungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru memberikan contoh Listening tentang ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·        Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
·        Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Kegiatan Akhir
·        Peserta didik dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
·        Buku teks yang relevan : LKS Kreatif SMA kelas XI semester 1
·        Internet
·        Proyektor
I. Penilaian
No.
Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure

Tes listening
Mengidentifikasi ungkapan sakit, lega, dan senang

Listen the expression carefully, then identify the expression into pain, relief, and pleasure!


II.                 Instrumen Penilaian
       Guru memberikan ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang berbentuk listening kepada peserta didik, kemudian peserta didik mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Soal listening :
1.      Oh! Be careful, you pushed me.
2.      Thanks God! I have done my exam.
3.      I got much money. I’m very happy.
4.      Ouch! My hands is broken.
5.      I feel so relieved. Finally I got 85.
6.      What a relief! I still have money in my pocket.
7.      I’m so delighted. I can go to vacation.
8.      My leg is strained. It hurts me so much.
9.      I feel dizzy. I’m really sick.
10.  My mother bought me a new motorcycle. It is a gread pleasure!
III.  Pedoman Penilaian    
Untuk soal listening, betul skor 1, salah skor 0.

Kunjungi Toko Online kami di @mielidi158 cemilan legendaris


0 komentar:

Posting Komentar

Coba

Total Tayangan Halaman

Followers

Review http://moeday-ku.blogspot.com on alexa.com