Tips Diet dan Menghitung Berat Badan


Obesitas ataupun disebut kegemukan adalah masalah umum di antara orang-orang. Dalam obesitas, lemak tubuh berlebihan terakumulasi dalam tubuh. Obesitas memiliki efek yang merugikan pada kesehatan. Obesitas meningkatkan kemungkinan berbagai penyakit terutama “penyakit jantung, diabetes, kesulitan bernafas selama tidur, beberapa jenis kanker dan osteoarthritis”. Obesitas ini disebabkan karena penggunaan kalori yang berlebihan. Disini kami akan berikan sepuluh tips mengatasi berat badan yang cukup untuk mengatasi obesitas anda. Berikut merupakan beberapa cara yang ideal untuk menurunkan berat badan dengan cepat:

Keseimbangan kalori

Obesitas ini disebabkan karena berlebihan konsumsi kalori sehingga Anda harus mencari tahu persis jumlah kalori yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan kalkulator kalori online untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda perlu setiap hari. Anda juga dapat menggunakan metode untuk menurunkan berat badan.
Untuk menghitung kebutuhan kalori basal/KKB (kalori yang Anda butuhkan untuk kegiatan sehari-hari) dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :
Pria = 66,47 (13.75 x BB) (5 x TB) – (6.76 x U)
Wanita = 655,2 (9.56 x BB) (1.7 x TB) – (4.77 x U)
Keterangan :
BB = Berat Badan ideal (kg)
TB = Tinggi Badan (cm)
U = Umur (tahun)
Dengan perhitungan KKB seperti cara di atas, maka baik kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalorinya untuk berat badan yang ideal.
Selain itu, di Indonesia juga sering digunakan perhitungan Kebutuhan Kalori Basal yang lebih simpel, yaitu :
KKB = 40 x (TB – 100)
Dengan faktor koreksi :
Stress ringan (1) : 1.3 x KKB
Stress sedang (2) : 1.5 x KKB
Stress berat (3) : 2.0 x KKB
Sementara itu, ada 2 cara sederhana menghitung berat badan ideal :
Cara 1 : BB ideal = (TB – 100) – (0.1 x (TB – 100))
Cara 2 : Menggunakan Body Mass Index(BMI)/Indeks Massa Tubuh (IMT)
IMT ideal pada pria dan wanita :
Wanita
~ 13-17 : dibawah ideal (terlalu kurus/anoreksia)
~ 19-24 : IDEAL
~ 26-31 : Obesitas (kegemukan)
Pria
~ 14-18 : dibawah ideal
~ 20-25 : IDEAL
~ 28-33 : Obesitas
Setelah mengetahui kebutuhan kalori, Anda dapat memulai menyusun menu diet Anda sesuai proporsi zat-zat makanan yang seimbang, yaitu :
~ Karbohidrat 60-75%
~ Protein 10-15%
~ Lemak 10-25%
Kalau Anda sudah menghitung jumlah kalori ideal untuk Anda, Anda dapat menghitung jumlah masing-masing kalori untuk karbohidrat, protein, dan lemak berdasarkan persentase di atas. Kemudian, jumlah kalori yang Anda dapatkan per jenis zat dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis makanan. Misalnya, untuk karbohidrat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi nasi, kentang, makaroni, ataupun roti.

Keseimbangan Diet

Anda harus makan setidaknya 5 bagian dari buah-buahan dan sayuran per hari. Buah-buahan dan sayuran kaya akan manfaat serat, vitamin dan antioksidan. Mereka dengan cepat mengisi perut Anda dan Anda merasa penuh sebelumnya. Buah-buahan dan sayuran juga memiliki kalori rendah dan membantu untuk menjaga Anda dalam kebutuhan kalori.

Jangan lewatkan makan

Sebagian kecil sering makan lebih baik daripada makanan dengan kalori tinggi. Ini membantu Anda untuk menyeimbangkan asupan kalori sepanjang hari dan juga mengelola gula darah Anda pada tingkat yang seimbang. Bukannya makan 3 kali dengan porsi besar, Anda dapat mengambil 5-6 makanan kecil sepanjang hari.

Makanan segar sehat

Makanan segar lebih baik dibandingkan dengan makanan yang dikemas seperti makanan cepat saji. Makanan cepat saji sering mengandung natrium tinggi dan lemak. Jika Anda lebih suka rumah makan siang yang dimasak untuk pekerja, bukan makanan cepat, Anda akan melihat dengan hasil dari berat badan Anda yang menurun.

Minuman

Anda harus mengambil minimal 8 gelas air dalam satu hari. Jus, krim & gula dalam kopi dan soda semua harus dihindari dalam program diet Anda. Agar dalam program diet anda tidak menimbulkan dehidrasi, itu juga akan membantu Anda merasa kenyang.

Pembatasan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus menghindari makanan berkalori tinggi. Anda dapat mengambil sedikit jumlah makanan favorit Anda. Membatasi makanan favorit anda malah dapat menyebabkan hal yang tidak baik. Namun sebaiknya dibatasi jumlah makanan tersebut.

Aktivitas fisik

Anda harus meluangkan waktu untuk olahraga 30-60 menit untuk latihan. Durasi ini untuk aktivitas fisik diperlukan untuk semua orang di setiap hari agar tetap sehat. Anda harus menambahkan pokok-pokok latihan pada jadwal Anda. Pokok latihan setidaknya 2 kali seminggu bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Ini akan membantu Anda membakar beberapa kalori yang tidak diinginkan.


demikan tips Diet dan Menghitung Berat Badan dari saya.. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Coba

Total Tayangan Halaman

Followers

Review http://moeday-ku.blogspot.com on alexa.com