Contoh RPP BAHASA INGGRIS EXPRESSION PAIN, RELIEF, AND PLEASURE
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA N 1
Bandongan
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XI / 1
Topik Pembelajaran : Expressing Pain, Relief, and
Pleasure
A. Standar
Kompetensi
Mendegarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
resmi dan berlanjut (sustained) dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
1.2
Merespon makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi
dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur menyatakan perasaan relief, pain
dan pleasure.
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dngan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
C. Indikator
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§ Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan
pleasure
§ Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
§
Mempraktekkan tindak tutur menyatakan perasaan relief,
pain, dan pleasure
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, tanggung jawab, mandiri
|
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran peserta
didik dapat :
1.
Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
2.
Mengungkapkan makna tindak tutur yang
menyatakan perasaan relief, pain dan
pleasure.
3.
Mempraktekkan tindak tutur yang menyatakan
perasaan relief, pain dan pleasure.
E. Materi
Pokok
The following are expressions to express pain,
·
Ouch!/Aw!/Oh!
·
Ouch, it hurts.
·
It hurts me so much.
·
It’s very painful. I can’t stand it
·
The pain hurt me very much.
·
My back pains me.
·
I feel terrible.
·
I’m not feeling well.
·
I can no longer stand it.
·
I’m really sick.
The following are expression to
express relief,
·
What a relief!
·
That’s a relief!
·
Thank God for that!
·
Thank goodness!
·
Thank heavens!
·
I feel so relieved.
The
following are expression to express pleasure,
·
I am delighted.
·
It is very delighted.
·
It is a great pleasure.
·
I am happy (for)
·
I am very enjoyed.
·
It’s worderful.
·
How marvelous!
·
Great!
·
Fantastic!
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three Pass Technique
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
penugasan
G. Strategi
Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada
peserta didik ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun,
peduli)
·
Mengecek kehadiran peserta didik (nilai
yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
·
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan tujuan yang hendak diajarkan terkait dengan SK/KD
kepada peserta didik.
·
Guru menjelaskan secara singkat kegiatan
pembelajaran kepada peserta didik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·
Memberikan stimulus berupa pemberian
materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·
Mendiskusikan materi bersama peserta
didik (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan sakit, lega,
senang)
·
Guru menggunakan pendekatan dan media
pembelajaran untuk menjelaskan materi mengungkapkan perasaan sakit, lega dan
senang.
·
Guru melibatkan peserta didik
berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·
Guru menjelaskan materi tentang ungkapkan
perasaan sakit, lega dan senang.
·
Guru memberikan contoh dialog tentang
ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·
Guru membacakan contoh dialog kepada
peserta didik dan menyuruh peserta didik. mendengarkan dengan seksama.
·
Guru meminta peserta didik membaca
dialog ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·
Guru meminta peserta didik untuk
mengungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·
Guru memberikan contoh Listening tentang ungkapkan perasaan
sakit, lega dan senang.
·
Guru meminta peserta didik
mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
·
Guru meminta peserta didik menjawab
pertanyaan berdasarkan ungkapkan perasaan sakit, lega dan senang.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
·
Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan
memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
dan belum bisa mengikuti dalam materi ungkapkan perasaan sakit, lega dan
senang.
Kegiatan Akhir
·
Peserta didik dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku teks yang relevan : LKS Kreatif SMA kelas XI semester 1
·
Internet
·
Proyektor
I. Penilaian
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
§ Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan
pleasure
|
Tes listening
|
Mengidentifikasi ungkapan sakit, lega, dan senang
|
Listen the expression carefully, then identify the expression into pain,
relief, and pleasure!
|
II.
Instrumen Penilaian
Guru memberikan ungkapkan
perasaan sakit, lega dan senang
berbentuk listening kepada peserta didik, kemudian peserta didik
mengidentifikasi ungkapkan perasaan sakit, lega dan
senang.
Soal listening :
1.
Oh! Be careful, you pushed me.
2.
Thanks God! I have done my exam.
3.
I got much money. I’m very happy.
4.
Ouch! My hands is broken.
5.
I feel so relieved. Finally I got 85.
6.
What a relief! I still have money in my
pocket.
7.
I’m so delighted. I can go to vacation.
8.
My leg is strained. It hurts me so much.
9.
I feel dizzy. I’m really sick.
10.
My mother bought me a new motorcycle. It
is a gread pleasure!
III. Pedoman Penilaian
Untuk soal
listening, betul skor 1, salah skor 0.
0 komentar:
Posting Komentar