Contoh RPP Narrative SMA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :     XI / 2
Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran    :     Teks monolog narrative
Pertemuan Ke               :

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.               Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
         Menulis
10.             Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari. 

B.     Kompetensi Dasar
8.2.            Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.
10.2          Mengungkap-kan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon wacana monolog: narrative
  • Melakukan monolog berbentuk : narrative
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran:
·         Siswa dapat merespon wacana monolog: narrative
·         Siswa dapat melakukan monolog berbentuk narrative

E.     Materi Pokok
Teks monolog narrative



The Story of Kaliwungu
Once upon a time, Sunan Katong from Demak travel to the Land of Perdikan Prawoto (now Kaliwungu). He was sent by the Wali Songo to sensitize Empu Pakuwaja who was a disciple of Sheikh Siti Jenar. Arriving at their destination, he founded a n Padepokan on the banks of  Sarean..
Sunan Katong is a person highly knowledgeable scholars, virtuous and respected. While the Empu Pakuwaja was a nobleman of Majapahit. He was a brave man, and the firm establishment rampart.
When Sunan Katong Pakuwaja meet the professor and try him back to the true teachings of Islam, the Empu Pakuwaja refused. He thus challenged to compete Sunan Katong power struggle. Sunan Katong served Empu Pakuwaja challenges. Then the two men fight. They issued their keris. Finally Sunan Katong successfully dagger thrust to the stomach Empu Pakuwaja. Apparently the Empu Pakuwaja not dead. He was back up and stabbed and injured his back Sunan Katong. Sunan Katong and Empu Pakuwaja died.
From the injuries of Sunan Katong flowed blue blood, while the injures of  Empu Pakuwaja flowed red blood. Both blood flow together to Sarean Bank in time, making the river water color changed to purple. Thus, the area where the two men were killed and their blood fused together became known as the "Kaliwungu"

 































F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

·                      Pre listening
·                      Whilst listening
·                      Post Listening

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§  Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi Tesk  narrative.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk  narrative.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Tesk  narrative.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk  narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat Tesk  narrative.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk  narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai Tesk  narrative.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi Tesk  narrative.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
§  Buku Look Ahead 2
§  Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
§  Gambar yang relevan
§  Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet

I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.






Memahami isi teks narrative yang didengar

Tes Lisan




Pilihan Ganda


Listen to the monolog and choose the best answer



II. Instrumen  Penilaian


LISTENING TEXT 1

Well, here is the story. Once upon a time there lived as neighbors, a bear and a rabbit. The rabbit was a good shot, and the bear being very clumsy could not use the arrow to good advantage. The bear was very unkind to the rabbit.
Every morning, the bear would call over to the rabbit and ask the rabbit to take his bow and arrows and came with the bear to the other side of the hill. The rabbit, fearing to arouse the bear’s anger by refusing, consented, and went with the bear and shot enough buffalo to satisfy the hungry family. Indeed, he shot and kill so many that there was lots of meat left after the bear and his family had loaded themselves, packed all they could carry home. The bear was very gluttonous, and did not want the rabbit to get any of the meat so the poor rabbit could not even taste the blood from the butchering, as the bear would throw earth on the blood and dry it up. Poor Rabbit would have to go hungry after his hard day’s work.
The bear was the father of five children. The youngest boy was very kind to the rabbit. The mother bear, knowing that the youngest was very hearty eater, always gave him an extra large piece of meat. What the baby bear did not eat, he would take outside with him and pretend to play food ball with it, kicking it toward the rabbit’s house, and when he got close to the door he would give the meat such a good kick, that it would fly into the rabbit’s house, and in this way poor Rabbit would get his meal unknown to the papa bear.

Answer the following questions!
1.        What is the best title of the story above?
2.        Who were the characters in that story?
3.        Where is the setting of the story?
4.        What problem was the rabbit faced?
5.        How was the problem solved?

Kunci Jawaban
1.  The poor rabbit
2.  A bear and a rabbit
3.  in a jungle/ forest
4.   The bear never gives the rabbit meat for his meal
5.   The bear’s youngest children send the rabbit the meat to  the rabbit’s house secretly


III.  Pedoman Penilaian    

No
Uraian
Skor

1,2,3,4,5
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab

20
10
0

Jumlah skor maksimal     =   5 x 20 = 100
Penilaian                            :     Jumlah skor perolehan : skor maksimal x 100


Mengetahui                                                                                      …………….………, ……
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran



______________________                                                           __________________
NIP.                                                                                                    NIP.



Kunjungi Toko Online kami di tasbrandedjogja.com. pusat tas branded SEMI SUPER harga Mahasiswa.
serta dapatkan berbagai promo dan diskon

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Followers

Review http://moeday-ku.blogspot.com on alexa.com